#3 HR, Creative Asyik di Televisi
![]() |
| Crew Program "Bitan Ni Hao" DAAI TV |
Hai hannazens, siapa sih yang gak mau kerja di Televisi, punya baju seragam yang kalau dipakai dimana pun jadi keren, anak TV gitu loh. Gak Cuma bisa liat shooting yang dihadiri artis-artis papan atas tapi kita juga bisa jadi host yang wajahnya mewarnai layar kaca televisi di rumah kita duuuuhhhh orang sekampung bakal liat kita tuh ditipi hehehehe….
![]() |
| Crew Program KIDS DAAI TV |
Nah, kalau udah bisa ngebayangin asiknya kerja di Televisi, kamu juga
harus tahu apa aja sih yang membuat kita betah kerja di Stasiun Televisi. Cuz
cek #3 HR
1. On Time
Tepat waktu sangat menentukan apakah kamu
termasuk orang yang disiplin. Di Televisi kalau telat kamu bakal ditandain
pakai spidol kuning (ceritanya aja gitu) di cap sebagai pekerja yang gak on
time, wah jangan sampe ya. Mengapa begitu? Karena waktu adalah durasi yang
harus dijaga bener oleh seorang kreatif agar kerjaannya gak molor alias mundur pengerjaannya.
Coba bayangin deh, pas kamu ada jadwal
shooting program, artis udah dateng, cameraman sudah standby, Program director
dan lainnya udah siap shooting, kamu sebagai orang kreatif malah kena macet
dijalan, wah bisa kena semprot executive producer kalo gitu. Dan yang paling
parah diganti peran.
Nah kalau udah begini yang repot kitanya
sendiri, selain di omongin crew dan di
sematkan kreatif yang gak disiplin, kamu juga bakal masuk pertimbangan jajaran
petinggi yang ada di program untuk kelanjutan kontrak kerja. Deg degan gak sih
kalo ketemu situasi yang seperti itu!.
2. Tim Work
Bagian ini juga penting, karena kerja di Televisi keroyokan
tidak individualistis, kamu dituntut untuk bisa memiliki inisiatif, suka
membantu/menolong orang lain, peka terhadap situasi dan kondisi, dan harus siap
setiap saat untuk back up kerjaan orang lain jika diminta atasan.
Gak ada tuh alasan ini itu, itu bukan kerjaan gw, dia aja
yang ngerjain gw lagi banyak kerjaan, kenapa sih gue mulu. Nah ilangin deh
baper baper yang gak jelas, karena yang rugi kamu sendiri nanti. Kalau kerjaan
jadi bertambah alias makin banyak anggep positif, berarti kamu dipercaya sama
atasan bisa mengerjakan hal lain diluar job desk kamu.
Selain itu pekerjaan tambahan yang kamu selesaikan dengan
baik bisa menjadi pengalaman berharga dan berguna Ketika kamu bekerja di tempat
lainnya.
3. Punya Ide Kreatif
Hal ini juga sangat diperlukan mengingat setiap hari harus
ada tema baru yang akan diangkat dalam sebuah program televisi. Meskipun nama
programnya sama, tetapi untuk packaging dan isi kontennya harus bisa dibuat
berbeda. Entah itu dari penulisan naskahnya, gimmick para talent/Host.
Ide kreatif bisa didapatkan dari berbagai sumber, bisa dari
ngobrol diskusi sama temen sekantor, baca majalah, buku favorit, browsing,
bertanya pada atasan, atau bisa juga dari komentar netizen yang masuk di sosial media program kita.
Tiada hari tanpa ide baru dan segar agar Program Acara kita
ratingnya bagus dan terus di tonton oleh pemirsanya.
![]() |
| Co Host Program Hoouse & Living DAAI TV |
=====
Gimana sudah siap bekerja di Televisi? Semoga informasi tadi bisa
membantu ya. Nantikan #3HR berikutnya...
Instagram : @hanna_ritonga
Youtube : Hanna Ritonga Official
Senyum manis



Komentar